perintah dasar linux vol 1

malemmm brewww udah lama ya gw ga bikin artikel wkwkwk, ok disini gw mau ngebahas tentang [erintah dasar linux yang sering digunakan, tetapi dibagi per-seri ya breww soalnya buanyakkkkkkkkkkk…..!!!!!

ok mari kita kita mulai beberapa perintah dasar linux dan pengertiannya, cekibrotttt….!!!!!

1. man (manual)

man disertai dengan perintah yang ingin dikehendaki akan mengeluarkan petunjuk penggunaan manual dari perintah tersebut. man sendiri singkatan dari manual (biar inget brewww)

contoh :

togatta@togatta-ksl:~$ man man
togatta@togatta-ksl:~$ man pwd
togatta@togatta-ksl:~$ man cd
togatta@togatta-ksl:~$ man histrory

nah entaran bakalan keluar penggunaan manualnya tentang man, pwd, cd, dan history

2. pwd (Print Working Directory)

nah kalo perintah pwd diketik bakalan nampilin tempat direktori kita sekarang berada, misalnya kita ada di /home/togatta/Downloads terus kita lupa berada dimana nah ketikin aja perintah pwd tersebut entar bakalan memberitahukan kita berada di directory mana

contoh :

togatta@togatta-ksl:~$ pwd

/home/togatta <—-entar bakalan muncul kaya gini nih

3. cd (Change Directory)

nah kalo perintah cd ini berfungsi buat berpindah tempat dari direktory 1 ke direktory lain.

Contoh :

togatta@togatta-ksl:~$ cd  /media/data

togatta@togatta-ksl:/media/data~$ <—- nah disini kita udah berada di directory /media/data, bukan lagi di directory /home/togatta

4. ls (List)

perintah ls ini berfungsi untuk me-listkan semua file dan direktori di tempat direktory kita berada sekarang

Contoh :

togatta@togatta-ksl:~$ ls

bin    dev   initrd.img      lost+found  opt   sbin     sys  var
boot   etc   initrd.img.old  media       proc  selinux  tmp  vmlinuz
cdrom  home  lib             mnt         root  srv      usr  vmlinuz.old

nah entar bakalan keluar begitu kalo di komputr gw

5. mkdir (MaKe DIRectory)

Perintah mkdir berfungsi untuk membuat directory baru

Contoh :

togatta@togatta-ksl:/$ mkdir zaenalganteng

togatta@togatta-ksl:/$ ls

bin    dev   initrd.img      lost+found  opt   sbin     sys  var
boot   etc   initrd.img.old  media       proc  selinux  tmp  vmlinuz
cdrom  home  lib             mnt         root  srv      usr  vmlinuz.old zaenalganteng

6. rmdir (ReMove DIRectory)


perintah ini berfungsi untuk menghapus/memusnahkan directory

Contoh :

togatta@togatta-ksl:/$ rmdir zaenalganteng

togatta@togatta-ksl:/$ ls

bin    dev   initrd.img      lost+found  opt   sbin     sys  var
boot   etc   initrd.img.old  media       proc  selinux  tmp  vmlinuz
cdrom  home  lib             mnt         root  srv      usr  vmlinuz.old <—– directory zaenalganteng ilang 😥

nah segitu dulu ya brewww perintah dasarnya, oh iya untuk gw mau ngasih soal latihanya nih buat evaluasi :D. entar jawabannya besok ya brewww

Soal Latihan

1. Perintah apakah untuk menampilkan directory brewww berada saat ini hayooo???
2. Perintah apakah untuk berpindah ke directory /etc hayooo???
3. Perintah apakah untuk kembali langsung ke directory home???(bukan pake cd /home ya….!!!!)
4. Perintah apakah untuk pindah ke direktori induk dari direktori saat ini brewww berada?????
5. Perintah apakah untuk menampilkan Daftar isi dari direktori root hayooo????
6. Perintah apakah untuk menampilkan Daftar panjang direktori root hayooo????
7. Perintah apakah unutuk menampilkan Daftar isi dari directory /etc tetapi breww ga boleh pindah dari directory brewww saat ini ya!
8. Perintah apakah untuk membuat directory bernama “zaenalgantenggituloh” di directory home brewww ???
9. Perintah apakah untuk membuat dalam satu perintah direktori  /dir1/dir2/dir3 (dir3 adalah subdirektori
dari dir2, dan dir2 adalah subdirektori dari dir1) ???
10. Perintah Apakah untuk menghapus directory “zaenalhantenggituloh”

coba praktekin di terminal kesayangan masing masing ya brewww 😀

Advertisements
By togatta Posted in linux

tinggalkan curcol

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s