Kenalan Dengan Perangkat Jaringan Komputer

Belajar tentang jenis dan konfigurasi jaringan tetep ga lengkap kecuali kita kenal perangkat yang membantu dalam komunikasi antar komputer dalam suatu jaringan. Tanpa adanya perangkat komunikasi, sebuah jaringan tidak dapat terbentuk, sehingga untuk mengetahui nama mereka dan apa kegunaan mereka juga  sama-sama penting. Untuk mengembangkan perangkat jaringan LAN yang berdasarkan jaringan komunikasi, kita perlu alat alat berikut yang diperlukan  untuk berkomunikasi, mereka adalah :

  • NIC Adapter
  • Router
  • HUB
  • Switch
  • Media Transmisi
  • Gateway
  • Modem

ok kita bahas satu yuk brewww hueh hueh 😀

1. NIC Adapter

Apa sih NIC ( Network Interface Card ) itu??? NIC adalah perangkat yang paling penting dalam membangun jaringan . NIC adalah bagian paling umum dari komputer yang digunakan dalam rumah kita dan perkantoran. Nic juga biasa disebut dengan LAN Card, yaitu  Media komunikasi ( kabel )  yang melekat pada LAN Card untuk membangun suatu jaringan. Perangkat ini memiliki alamat Mac yang unik, Untuk membangun suatu jaringan dengan alamat IP yang unik tergantung pada LAN Card untuk komunikasinya . Dalam contoh kasus jaringan WLAN, bukan LAN Card yang digunakan melainkan menggunakan Wireless Card. Fungsinya sama seperti LAN Card sederhana, itu hanya perangkat komunikasi nirkabel yang terhubung ke router untuk komunikasi.

 

2. Router

Router adalah perangkat yang cerdas ( menurut gw ya brewww 😀 ) yang bisa memberikan rute data ke komputer tujuan. Ini sangat membantu dalam menghubungkan dua jaringan logic dan fisik yang berbeda bersama-sama. Dalam jaringan kecil server terhubung ke router bersama dengan client untuk berkomunikasi. Tanpa Router komunikasi antar jaringan tidak mungkin bisa, Router  adalah inti dari suatu jaringan, tanpa distribusi ini, internet dan jaringan data lainnya ke seluruh jaringan yang ada tidak mungkin bisa berkomunikasi. Cara menggunakan router itu sama saja mau jaringan kabel atau jaringan nirkabel. Router melakukan semua fungsi yang sama tanpa menggunakan media apapun seperti kabel dan lain lain .Router menggunakan perangkat lunak yang dikenal sebagai tabel routing. Routing tabel digunakan untuk menyimpan sumber dan alamat tujuan.

 

3. HUB


jikalau berbicara tentang sebuah  jaringan dalam skala yang lebih besar, HUB diperlukan untuk membangun  sebuah jaringan. Semua komputer yang terhubung langsung ke HUB, yang dimana HUB sebagai pusat perangkat terpusat jaringan. Ketika data dikirim ke hub, HUB ini mengirimkankan data ke semua port dari hub dan kemudian dikirim ke komputer tujuan pada jaringan. Jika hub gagal untuk melakukan fungsi biasa   ( mengirimkankan data ke semua port ) HUB ini akan berhenti kerja seluruh jaringan sampai jaringan dalam kondisi normal.

 

4.SWITCH

 

Switch adalah perangkat lain yang penting ketika kita berbicara tentang jaringan komputer di spectrum. Switch lebih luas digunakan di tempat yang sama sebagai pusat, yang membedakan switch dengan HUB adalah bahwa switch memiliki tabel switching yang telah build in di dalam perangkat kerasnya. Tabel Switching menyimpan alamat MAC dari setiap komputer yangterhubung ke switch dan mengirimkan data ke alamat yang diminta saja, tidak seperti hub yang mengirim data ke semua port. bentuk switch secara umum sama seperti HUB.

5. GATEWAYS

Seperti dengan namanya, GATEWAYS menunjukkan hal semacam pintu gerbang yang dilewati untuk beberapa hal. Menariknya gateway ini ialah gateway dapat menjadi perangkat lunak  juga bisa perangkat keras. Perangkat Gateway menghubungkan LAN dengan internet. Fungsi dasarnya adalah untuk memberikan keamanan pada suatu jaringan. Dengan menggunakan gateway, masuk / keluar  lalu lintas data yang dapat dipantau untuk setiap aktivitas yang berbahaya dalam suatu jaringan yang dapat merusak integritas jaringan itu sendiri.

6. MODEM

Modem itu ada dua jenis. Satu modem yang umum digunakan pada setiap komputer yang biasa kita gunakan untuk koneksi ke internet menggunakan saluran telepon kita dengan panggilan untuk ke ISP dan yang lainnya digunakan untuk menghubungkan ke DSL. Fungsinya bagaimanapun juga adalah sama untuk kedua jenis modem, mereka digunakan untuk modulasi dan demodulasi, mereka digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan digital ke analog sehingga sinyal dapat perjalanan dengan saluran telepon.

 

7. Kabel

Kabel-kabel sangat jelas digunakan untuk menghubungkan perangkat komunikasi satu sama lain untuk membentuk suatu jaringan. Ada berbagai jenis kabel, kabel yang umum digunakan adalah 10baseT/CAT5, kabel koaksial, Ethernet dan kabel serat optik. Serat optik adalah yang paling mahal karena memungkinkan transfer data dengan kecepatan cahaya. Ini adalah solusi mahal yang sebagian besar yang mengadopsi ialah oleh sektor korporasi. Namun dalam perkembangan terakhir kabel serat optik sekarang sedang digunakan dalam jaringan rumah dan juga digunakan sebagai sarana untuk terhubung ke internet.

 

 

ok cukup sekian dulu ya brewww materi untuk pagi ini, di posting langsung dari BPPTIK dari materi INSTRUKTUR

 

Sumber

Advertisements

2 comments on “Kenalan Dengan Perangkat Jaringan Komputer

tinggalkan curcol

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s