Menginstall WHM & Cpanel Di Centos 6.5

Yuhu, kali ini gw mau ngebahas tata cara nginstall WHM&Cpanel  Di CentOS 6.5, Daripada kelamaan mikirin kalimat pembuka mula, langsung aja deh cekidot.

Nah, sebelum menginstall WHM & Cpanel, dipastikan terlebih dahulu bahwa Perl sudah terinstall di server kalian masing masing brew. Misalnya belom maka segerakanlah install perlnya, dengan cara

yum install perl

nah untuk mengingatkan semua penginstallan ini butuh hak akses root ya.

Jika sudah terinstall maka langkah selanjutnya ialah mensetting hostname kalian dengan cara sebagai berikut:

hostname FQDN

nah maksudnya dari FQDN ialah sistem penamaan domain Domain Name System (DNS) merujuk kepada nama bertitik yang dapat mengidentifikasikan sebuah host Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) di dalam jaringan dan Internet. FQDN juga sering disebut sebagai Absolute Domain Name. sebagi contoh

hostname cpanel.togattafudo.com

Oh iya sebagai catatan WHM&Cpanel ini hanya support keluarga redhat tok, cuma Red Hat Enterprise Linux, CentOS, CloudLinux.

Kembali ke topik semula, setelah kalian setting semuanya dengan benar dan tepat maka langkah selanjutnya ialah beres beres lagi haha7.

nah sesudah itu tolong dicheck lagi bahwa tidak ada grouplist berikut di server anda, kalo engga entar jadi bentrok.

FTP Server
GNOME Desktop Environment
KDE (K Desktop Environment)
Mail Server or E-mail Server
Mono
Web Server
X Window System

Nah kalo yang diatas itu sudah ada yang terpasang di server maka segeralah untuk menguninstallnya, oh iya untuk mengecek grouplist yang sudah terinstall adalah dengan perintah sebagai berikut.

yum groupllist

nah untuk unistallnya pake perintah

yum groupremove “namagroupnya’

misal

yum groupremove “Mail”

nah terus di iptablesnya di setting agar dapat mengallow untuk port 2087 dan 2083 bisa untuk diakses, berhubung saya belom mengerti iptables maka saya disable aja SElinuxnya :D.

Setelah itu maka langkah selanjutnya ialah mendownload installer cpanel di https://store-koala.cpanel.net/ , berhubung gw gak punya duit dan gw cuma lagi iseng install Cpanel maka yang gw pake cuma yang trial aja ya, kalo punya duit sih pake yang berbayar aja, toh buat jualan web hosting juga :P.

cpanel license free

Halaman Web Download Cpanel

setelah itu install deh, dengan perintah seperti berikut:

sh latest

oh iya cpanel ini hanya bisa diinstall sekali di server kita, karena ip kita harus didaftarin dulu buat sebelum download installernya. Tahap install ini memerlukan kurang lebih 4 jam tergantung internet yang nyolok di server ya :D.

Jika sudah selesai, untuk mengakses WHMny ialah dengan masukkan alamat https://alamat ip kalian:2087

misal https://202.178.63.62:2087

nah secara default usernamenya itu root, terus passwordnya itu sama dengan password root buat akses server kalian.

jangan lupa cantumkan port dibelakangnya ya, WHM pake port 2087 kalo Cpanelnya 2083 ya.

ok sekian dulu untuk kali ini nanti dilanjut lagi buat yang agak greng grengan

 

Advertisements

tinggalkan curcol

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s