How To install Ambari On Centos 7

Yo setelah sebelumnya gue ngebahas tentang bigdata, kali ini gw mau ngasih tutor mengenai cara menginstall ambari sebagai software management hadoop dengan menggunakan platform dari hortonwork. Untuk lebih jelasnya, bisa cek caranya di bawah ini :

Pertama kita download terlebih dahulu file repo ambari dan disimpan pada path /etc/yum.repos.d/ untuk caranya bisa dengan perintah berikut ini

wget -nv http://public-repo-1.hortonworks.com/ambari/centos7/2.x/updates/2.1.0/ambari.repo -O /etc/yum.repos.d/ambari.repo

Dikarenakan pada centos 7 sudah menggunakan system d, sedangkan script dari ambari masih mengunakan process init. Oleh karena itu kita perlu terlebih dahulu install package initscripts.x86_64. Jika telah terinstall maka langsung saja install ambari-servernya dengan cara

yum install ambari-server

Setelah terinstall maka hal selanjutnya adalah mengsetup ambari-server, setup ambari server ini mencakup tentang penggunaan java versi berapa, serta setting database yang digunakan, untuk caranya bisa menggunakan perintah berikut ini

ambari-server setup

Lalu ikuti langkah langkahnya saja.

1

2

3

4

Jika proses setupnya telah selesai, maka service ambari servernya bisa di start, dengan cara ” ambari-server start “. Ambari berjalan pada port 8080, lalu akses melalui web browser untuk menginstall service service hadoop pada mesin kalian, dalam ini penulis adalah 172.17.0.2:8080. Ini adalah alamat local dimana penulis menginstall service ambari tersebut.

5

Untuk username dan password yang digunakan masih standart yaitu untuk username = admin password = admin,  perubahan password bisa diubah setelah proses instalasi service hadoop selesai. Setelah masuk maka kita akan masuk ke instalasi wizard dari ambari.

Oh iya sebelumnya kita harus mengset password less dulu di semua mesin kita, yaitu bisa menggunakan perintah ssh-copy-id atau mengcopy manual ke authorize key di ssh mesin kalian masing masing. Jika telah diset maka lanjut kembali ke proses instalasi wizardnya

6

7

8 9

Klik tombol launch wizard untuk memulai proses instalasi service hadoop. Lalu kita akan diminta mengenai nama cluster yang akan digunakan, disini penulis mencoba memberikan nama zaenalganteng . Setelah itu kita akan dikasih pilihan mengenai platform hdp yang akan digunakan oleh kita, disini penulis menggunakan hdp 2.4 dimana platform tersebut telah mencakup kebutuhan hadoop saat ini. Untuk repository option penulis menggunakan repository dari hortonworknya langsung, jika kalian ingin menggunakan local repository juga bisa, dengan catatan bahwa kalian telah mendownload reponya dari hortonwork itu sendiri.

10

Selanjutnya adalah masukkan hostname dari mesin yang akan didaftarkan ke dalam cluster dan masukkan private key yang telah di copykan ke authorize key di semua host yang akan didaftarkan dalam cluster tersebut.

11

Lalu ambari akan menginstall ambari-agent di setiap hostnya tersebut, jika ada service yang perlu diinstall, ambari-agent akan memberitahukannya.

13

Jika proses instalasi ambai-agent telah selesai maka kita akan memilih service hadoop yang akan dipasang pada mesin cluster kita, disini penulis memilih semua servicenya.

14

Lalu kita akan diarahkan ke peletakan service pada mesin cluster kita, disini penulis menggunakan default dari ambari yang telah meletakkan servicenya sesuai dengan dependenciesnya pada mesin kita tersebut.

16

Pilihan selanjutnya adalah penginstallan hadoop-client dan datanode, apakah akan diinstall atau tidak, disini penulis memasang client dan datanode pada mesin yang sama. Akan tetapi menurut rekomendasi, untuk service hadoop dan datanode agar diinstall di mesin yang berbeda dengan mesin service masternya.

17

Selanjutnya adalah pemasangan password pada service hive, oozie, accumulo, ambari metrics dan knox agar untuk mengakses service tersebut membutuhkan autentifikasi password.

18

Setelah semua pemasangan selesai, langkah selanjutnya adalah mendeploy service tersebut ke mesin kita. Sebelum mendeploy, ambari akan memberikan review dari beberapa service yang akan kita pasang di mesin kita.

19

20

21

22

Tunggu proses deploy sampai selesai, proses deploy ini tergantung dari berapa service yang kalian akan pasang pada mesin kalian. Setelah terpasang, akan ada tampilan dashboard ambari sesuai dengan pada gambar diatas ini.

Advertisements

tinggalkan curcol

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s